SD ISLAM AL AZHAR 46

Jumat, 26/01/2023

Guru SDIA 46: Bersemangat dalam Pelatihan Penyusunan Soal HOTS 2023

ditulis oleh Sariatmianti, S.Pd (Guru Math Kelas 3 SDIA 46)

Dalam upaya membantu guru dalam mengembangkan pemahamannya tentang konsep dan penyusunan soal HOTS, perlu diadakan suatu pelatihan bagi guru-guru tentunya. SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City melakukan kegiatan Pelatihan Penyusunan Soal HOTS untuk Mengembangkan Kemampuan Pedagogik Guru. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ciri-ciri dan cara pengembangan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) yang berkualitas serta, memberikan pengalaman langsung dalam mengubah soal biasa menjadi soal HOTS.

Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh seluruh guru SD Islam Al Azhar 46 Grand Depok City dan dilaksanakan di Aula Kampus Yayasan Pendidikan Budi Insan Cendekia

Klinik Baca SD Al Azhar 46

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 22 Desember 2023 dengan pemateri Bapak Kabul Sucipto, M.Pd. selaku Pengawas Dinas Pendidikan Kota Depok.

Kegiatan sesi pertama diisi dengan pemaparan materi soal HOTS oleh Bapak Kabul Sucipto, M.Pd. Beliau menjelaskan tentang evaluasi hasil belajar khususnya tentang soal HOTS yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Hal yang dibahas dalam pertemuan ini adalah bagaimana konsep dari soal HOTS, bagaimana ciri dan karakteristik soal HOTS, dan cara mengembangkan soal HOTS sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator dalam kurikulum 2013 dan Capaian Pembelajaran (CP) serta Tujuan Pembelajaran (TP) dalam kurikulum merdeka. Peserta kegiatan menunjukkan perhatian terhadap materi yang disajikan. Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, peserta menunjukkan sikap yang aktif dan antusias dengan materi ini.

Pada sesi kedua peserta dari masing-masing kelompok melakukan praktik membuat soal HOTS sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang ada. Kegiatan praktikum ini dibimbing langsung oleh Bapak Kabul Sucipto, M.Pd. Peserta kegiatan mulai memahami cara menyusun soal HOTS. Peserta melakukan diskusi dengan kelompoknya dan bertanya langsung kepada Bapak Kadisdik jika ada yang masih belum dipahami. Praktikum ini peserta dibimbing dan diberi arahan untuk membuat soal HOTS yang benar.

Sesi kedua ditandai dengan pembuatan soal HOTS dengan pengarahn langsung oleh Bapak Kabul Sucipto, M.Pd.

Pada sesi ketiga, peserta kegiatan mempresentasikan hasil soal HOTS yang telah dibuat. Peserta yang lain menyimak dengan seksama soal HOTS yang diajukan. Hasil pengamatan pada sesi ketiga ini adalah peserta kegiatan berperan aktif dalam kegiatan presentasi baik dalam penyampaian hasil diskusi kelompok maupun dalam menyimak presentasi peserta lain.

Presentasi ini juga dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, beberapa peserta dan Bapak Kadisdik memberikan masukan dan revisi terhadap soal HOTS yang dibuat dan dipaparkan oleh peserta. Kegiatan pada sesi ketiga juga berjalan dengan baik dan lancar. Peserta kegiatan dapat membuat soal HOTS dan rubrik penilaian yang sesuai dengan indikator. Level soal yang dibuat peserta kegiatan sudah sesuai yaitu berada pada level L3 ke atas.

Pemaparan contoh soal HOTS yang telah dibuat baik oleh guru kelas 1 hingga kelas 6

Home